Sejarah Perjuangan Masa Penjajahan Jepang







  • Tema ppt interaktif ini saya ambil karena keresahan saya dengan kaum muda saat ini yang saya rasa terlampau tinggi kadar malas yang mereka miliki. Segala kemudahan yang ada terlalu memanjakan mereka hingga membentuk karakter pemalas. Padahal kaum muda seharusnya menjadi generasi pendobrak. Selagi masih muda, seharusnya kita melakukan segala hal yang tidak mungkin kita lakukan di masa tua nanti. Berani mengambil tantangan. Berani gagal. Pantang menyerah. 
  • Saya rasa, akar dari permasalahan kaum muda saat ini adalah karena mereka kurang atau bahkan belum menyadari betapa sulitnya nenek moyang kita meraih kemerdekaan. Sehingga, mereka mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Padahal jika mereka tahu bagaimana luar biasanya, bagaimana pantang menyerahnya tokoh-tokoh bangsa memperjuangkan kemerdekaan, saya yakin, tidak ada lagi istilah malas dalam benak kaum muda.
  • Sebenarnya, banyak sekali perjuangan tokoh-tokoh bangsa. Namun, karena ketidakmungkinan untuk mengangkat seluruh cerita tokoh-tokoh bangsa dalam hanya satu kemasan ppt interaktif, maka saya memilih, "Sejarah Perjuangan Masa Penjajahan Jepang"
  • Di dalam ppt interaktif ini, pengembang menawarkan 4 konsep yang terdapat pada Main Menu.


  • Memasuki konsep yang pertama, yakni Landasan, pengunjung akan disuguhkan beberapa hal sebagai berikut :

    Kita semua tahu bahwa sub-sub tersebut merupakan komponen-komponen dalam RPP. Pengembang memang mencantumkan keenam sub tersebut dengan tujuan agar materi yang disampaikan melalui ppt interaktif memang benar-benar terarah seperti ketika kita menyusun materi di dalam RPP. Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pokok dan Sumber Pembelajaran merupakan hasil curahan pemikiran pengembang berdasarkan Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti

    Ketika pengunjung memasuki Materi maka pengunjung akan disuguhkan tampilan seperti berikut :



    Diatas merupakan garis waktu dari mulai masuknya Jepang ke Indonesia ketika Belanda masih berkuasa, ketika Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang sampai akhirnya Jepang menyerah kepada sekutu hingga lahirlah negara Indonesia yang merdeka dengan perjuangan para tokoh bangsa, bukan sebagai boneka bentukan Jepang.






















    Di dalam Evaluasi terdapat banyak pertanyaan dari tingkat mudah hingga sangat sulit yang diletakkan secara acak dari nomor 1 sampai 25. Beragamnya soal diharapkan mampu benar-benar menguji sampai sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah diberikan sebelumnya. Seluruh soal yang diberikan merupakan pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban.


    Dari tahap pemikiran ide hingga implentasi pembuatan ppt interaktif ini, seluruhnya dilakukan pengembang secara sungguh-sungguh dengan harapan mampu memberikan kebermanfaatan kepada banyak orang. Bukan hanya mengenai materi yang diperoleh oleh pengunjung, melainkan tersampaikannya pesan yang ingin diberikan oleh pengembang.

    Saya rasa cukup sekian spoiler ppt interaktif yang saya buat.

    Penasaran?

    Jika Anda tertarik

    Silahkan klik disini

    Komentar

    Posting Komentar